Warning Kolesterol

WARNING KOLESTEROL !

Adi Sucipto

Pada umumnya masyarakat terdidik sudah tahu bahwa ada dua jenis kolesterol  di dalam tubuh. Pertama, Low-Density Lipoprotein (LDL) yang disebut juga kolesterol jahat, kedua, High-Density Lipoprotein (HDL) atau disebut juga kolesterol baik.

LDL dalam darah dapat mengendap dan akhirnya menyumbat dinding pembuluh darah. Jika menyumbat pembuluh darah biasa menyebabkan penyakit aterosclerosis, jika menyumbat pembuluh arteri di jantung menyebabkan penyakit jantung, dan jika menyumbat pembuluh darah otak mengakibatkan penyakit stroke.

Kabalikan dari LDL yang telah diterangkan di atas adalah HDL,  HDL ini disebut kolesterol baik, karena dapat menetralkan LDL dalam darah. Sehingga HDL ini mengurangi dan membawa larut kolesterol jahat yang telah mengendap di pembuluh darah dari arteri kembali ke hati. Tingginya kadar HDL dalam darah justru dapat membantu melindungi sistem sirkulasi darah.

Untuk menghindari penyakit-penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol, sebaiknya dalam tubuh kita kadar kolesterol baik (HDL) lebih tinggi dibandingkan dengan kadar kolesterol jahat (LDL). Di bawah ini tabel kandungan kolesterol dalam makanan yang dapat membantu kita untuk memilih makanan.

TABEL KANDUNGAN KOLESTEROL  DARI /10 gr MAKANAN

NO NAMA MAKANAN (10 gr) KOLESTEROL (mg) KATEGORI
123

4

5

6

7

8

9

10

11

Putih telur ayamTeripang (haisom)Ubur-ubur

Susu sapi non fat

Daging ayam pilihan tanpa kulit

Daging bebek pilihan tanpa kulit

Ikan sungai biasa

Daging sapi pilihan tanpa lemak

Daging kelinci

Daging kambing tanpa lemak

Ikan ekor kuning

000

0

50

50

55

60

65

70

85

SehatSehatSehat

Sehat

Sehat

Sehat

Sehat

Sehat

Sehat

Sehat

Sehat

121314

15

16

17

Daging asapIga sapiDaging sapi

Burung dara

Ikan bawal

Daging berlemak

98100105

110

120

125

Sekali-sekaliSekali-sekaliSekali-sekali

Sekali-sekali

Sekali-sekali

Sekali-sekali

181920

21

22

23

24

Gajih sapiGajih kambingKeju

Sosis daging

Kepiting

Udang

Kerang (siput)

130130140

150

150

160

160

Hati-hatiHati-hatiHati-hati

Hati-hati

Hati-hati

Hati-hati

Hati-hati

252627

28

29

30

31

32

33

34

BelutSantan kelapaSusu sapi

Susu sapi krim

Coklat (cacao)

Mentega (margarin)

Jeroan sapi

Kerang putir/remis/tiram

Telur ayam

Jeroan kambing

185185250

280

290

300

380

450

500

610

BerbahayaBerbahayaBerbahaya

Berbahaya

Berbahaya

Berbahaya

Berbahaya

Berbahaya

Berbahaya

Berbahaya

353637

38

Cumi-cumiKuning telur ayamOtak sapi

Telur  puyuh

117020002300

3640

PantanganPantanganPantangan

Pantangan

Kolesterol normal dalam darah 160 – 200 mg

Sumber: General Hospital Singapore

Tanda-tanda Serangan Jantung

Tanda-tanda Penyakit Jantung

Adi Sucipto

Serangan Jantung

Serangan jantung

Serangan jantung pada umumnya terjadi secara mendadak, sehingga tak jarang orang yang terkena serangan jantung tak dapat ditolong. Perlu di ingat bahwa salah satu pemicu penyakit jantung adalah makanan yang berkadar kolesterol (LDL).

Sebenarnya serangan jantung memiliki gejala dan tanda-tanda, tapi banyak yang tak menyadari atau bahkan menganggap terkena jenis penyakit lainnya.

Banyak orang mengenal kata Angin duduk, tetapi tidak tahu apa yang dimaksud, kata ini tidak lain adalah serangan jantung.

Gejala-gajala yang sering terjadi yaitu:

1. Dada tertekan seperti ditimpa beban berat, rasa sakit, terjepit atau terbakar.

Rasa sakit ini bisa menjalar ke seluruh dada, bahu kiri, lengan kiri, punggung, leher bawah dan rahang leher bawah.

2. Merasa seperti tercekik atau sesak yang berlangsung selama 20 menit, disertai keringat dingin, rasa lemas, dan berdebar bahkan, terkadang diikuti dengan pingsan.

3. Kondisi ini sering terjadi di pagi hari

Nyeri dada bisa berawal dari cedera atau benturan, namun nyeri dada yang tidak diketahui penyebabnya kadang kala merupakan peringatan akan datangnya serangan jantung. Hal ini banyak orang tidak menyadari bahwa ia sudah terkena serangan jantung, sehingga dikira penyakit biasa. Persepsi inilah yang membuat penderita terlambat untuk memperoleh perawatan medis. Akhirnya jiwanya tidak tertolong.

Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, maka segeralah mencari pertolongan:

1. Rasa sesak atau tekanan di tengah dada yang berkepanjangan, baik yang parah maupun yang relatif ringan. Keadaan ini bisa menjalar sampai ke kedua lengan, bahu, perut bagian atas, rahang dan punggung.

2. Rasa mual, keringat dingin, pusing, napas pendek atau kesulitan bernapas.

3. Merasa sangat lemas dan gelisah.

Tanda-tanda : yang perlu dicurigai bahwa seseorang kena serangan jantung adalah: Tidak sadarkan diri, Kulitnya lembab, dingin dan kebiru-biruan, denyut nadinya hilang, kesulitan bernapas dan pupil matanya membesar.

Semoga bermanfaat: Adiswordpress.wordpress.com

Cedera Hamstring

Cedera Hamstring

oleh Adi Sucipto

cedera hamstring

cedera hamstring

Para atlit dalam pertandingan atau latihan rentan terhadap strain.  Hal ini terutama akan terjadi jika Anda terlibat dalam olahraga dinamis yang membutuhkan kecepatan tinggi, dan daya ledak. Seperti  pelari,  tennis, karateka. Strain yang sering terjadi terutama pada urat lutut, dan paha belakang yang disebut hamstring.

Untuk mengurangi terjadinya strain ini, latihan peregangan merupakan hal yang terbaik. Latihan ini untuk memperkuat dan melenturkan otot-otot paha.

Cedera ini ini biasanya terjadi pada gerakan kontraksi eksentrik yang mendadak. Selain itu kelelahan juga bisa menjadi kontributor besar untuk hamstring strain. Ini terbukti dari penelitian sepak bola dan rugby menunjukkan bahwa sebagian besar terjadi selama seperempat dari waktu terakhir usai pertandingan.

Apakah cedera hamstring berhubungan dengan sakit pada saraf?

Walupun sudah mengalami hamstring anda masih bisa menjalankan kegiatan. Hal ini bisa menjadi respon pada saraf sebagai ‘pesan nyeri salah’ akan dikirim ke paha belakang dari tulang belakang. Berikut adalah tes untuk melihat apakah hal ini terjadi:

  1. Slump test: Duduk di tepi sebuah kursi atau tangga  yang tinggi, tangan diletakkan di belakang punggung Anda dan jangan biarkan kaki menyentuh lantai. Kepala ke depan dan mengangkat satu kaki menuju garis pertengahan tubuh dan menarik kaki Anda ke atas dan ke bawah beberapa kali. Jika Anda mengalami rasa panas di sekitar wilayah hamstring, ini dapat menunjukkan nyeri saraf.
  2. Peregangan Pasif hamstring : Tidurlah terlentang dan mengangkat satu kaki dari lantai. Tarik kaki ke atas berulang-ulang dengan berbagai macam gerakan peregangan. Jika ada rasa sakit di paha belakang maka kemungkinan disebabkan oleh saraf Anda. Baca lebih lanjut

Kebugaran:

Yang harus anda Ketahui tentang Kebugaran

Oleh: Adi Sucipto
Kebugaran (fitness) pada dasarnya mengacu pada keadaan yang sehat. Dimana tubuh dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan yang berarti. Oleh karena itu benar-benar akan menjadi indah jika orang akan komitmen untuk menjaga kebugaran   sepanjang hidup mereka.

Kebugaran mutlak diperlukan oleh setiap manusia, apapun pekerjaannya. Orang bisa tersenyum, ketawa,  berjanda, apalagi  mengerjakan pekerjaan yang berat memerlukan kebugaran.  Oleh karena itu, adalah kewajiban kita untuk melestarikannya. Untuk alasan ini, menjaga kesehatan baik pikiran dan tubuh adalah tindakan mulia.

Tapi tentu saja, ini melibatkan sejumlah besar upaya serta tindakan yang menyeluruh. Betapapun beratnya pekerjaan ini tetap kita lakukan mengingat besar manfaat. Kekayaan yang banyak tidak ada artinya jika tubuh kita tidak sehat dan bugar. Bahkan kekayaan akan menurun drastis, bila tubuh kita tidak sehat dan bugar.

Latihan kebugaran sangat penting dilakukan dengan  rutin. Melalui latihan kebugaran, tubuh kita akan membentuk kekebalan alam yang luar biasa. Sehingga  bisa melawan beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang  mematikan adalah penyakit jantung.

Sayangnya, semakin banyak orang kini cenderung mengabaikan kegiatan seperti ini. Oleh karena itu, semakin banyak orang juga yang menderita penyakit yang berbeda. Tidak heran bisnis rumah sakit yang makmur dengan mendapatkan banyak psien, bahkan hal itu bertentangan dengan kehendak manusia. Manusia cenderung pergi ke dokter bila telah mengalami sakit, bahkan banyak yang telah parah sehingga dokter sudah tidak bisa mengatasi.

Sikap mengabaikan kebugaran fisik anak-anak biasanya dilakukan oleh mereka sampai menjadi dewasa. Tentu saja, akan ada peningkatan jumlah penderita dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh imunitas atau kekebalan tubuh yang lemah.

National Institute on Aging Amerika melaporkan bahwa hanya terdiri dari 58 persen dari penduduknya yang terlibat dalam program kebugaran seumur hidup, dan program kebugaran ini dilakukan hanya dalam waktu luang saja. Hanya sekitar 26 persen penduduk yang mengikuti program kebugaran seumur hidup. Secara rutin dengan latihan  tiga kali setiap minggu. Mengapa harus rutin karena latihan kebugaran tidak bisa ditabung atau di jamak. Contoh seorang mantan atlit kemudian berhenti latihan total. Ia kebugarannya akan berangsur-angsur turun dan pada akhirnya terjadi pada titik kebugaran yang paling rendah.

Pentingnya komitmen untuk latihan kebugaran seumur hidup. Banyak orang mengabaikan prinsip ini.
Kebanyakan mungkin Anda telah mendengar bahwa penyebab umum kematian di negara ini adalah penyakit jantung, stroke, kecelakaan yang disebabkan oleh cedera yang tidak diinginkan, kanker dan penyakit kronis lainnya. Penyakit-penyakit ini sebenarnya lima penyebab kematian paling besar seperti yang dilaporkan oleh Center for Disease Control.

Pikirkan tentang hal ini. Semua penyebab kematian umum dengan mudah dapat dihindari. Tapi hanya jika orang akan memberikan perhatian yang cukup pada latihan kebugaran.
Ketika mengacu pada program kebugaran seumur hidup, kita tidak hanya berhadapan pada latihan fisik. Tetapi juga  program ini mencakup diet yang perlu diperhatikan.

Singkat kata,  komitmen menjaga kebugaran fisik seumur hidup, kehidupan akan dapat diperpanjang. Dan jelas dapat dinikmati. Dengan pikiran sehat dan tubuh bugar anda dapat menikmati kehidupan yang lebih baik.

Keputusan terakhir adalah milik anda. Apakah Anda akan berhati-hati menjaga kesehatan dan kebugaran Anda? dan berkomitmen untuk memperbaiki kebugaran seumur hidup? Atau apakah Anda hanya memilih untuk menyalahkan keadaan dan menderita seumur hidup?

GIZI OLAHRAGA

Baca lebih lanjut

CEGUKAN

CEGUKAN
Semua orang pernah mengalami cegukan, lebih-lebih ketika masa anak-anak.   Bila berlangsung sebentar saja, maka cegukan bukanlah masalah. Tetapi ternyata gejala ini dapat berlangsung lama, bahkan sampai berminggu-minggu. Sehingga bisa menyebabkan insomnia, kelelahan, bahkan depresi bagi yang mengalaminya. Di bawah ini organ faal tubuh yang terlibat secara langsung .
 
 
Gambar: Organ faal tubuh yang terlibat cegukan
 
ASAL USUL NAMA
Cegukan, atau dalam bahasa medis disebut ‘hiccup’ sesungguhnya adalah suatu fenomena yang melibatkan sistim persarafan dan pernapasan yang tujuannya sampai saat kini pun belum diketahui. Istilah ‘hiccup’ muncul dan digunakan orang untuk menirukan suara yang dikeluarkan saat cegukan (hik..hik..). Sedangkan nama lainnya, yaitu  singultus  berasal dari bahasa latin singult yang berarti menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak. Sebenarnya apa yang terjadi ? Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi otot-otot pernapasan, yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk, yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun tiba-tiba diikuti dengan menutupnya glotis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara hik..hik… Biasanya cegukan muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih dari 48 jam, dan bisa pula hingga berhari-hari. Cegukan dapat dialami oleh siapa saja. Janin dalam kandungan, anak-anak dan juga orang dewasa semua dapat mengalaminya. Meski demikian, konon anak-anak lebih sering mengalami cegukan dibandingkan orang dewasa.
 PENYEBAB CEGUKAN
Banyak dugaan penyebab cegukan, Namun menurut analisa medis, terjadinya cegukan melibatkan refleks pada saraf frenikus dan saraf vagus yang ada di daerah diafragma (otot pernapasan utama yang terletak antara dada dan perut). Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya adalah peregangan saluran cerna, minuman berkarbonasi, banyak menelan udara, alkohol, merokok, stress, juga tertawa yang berlebihan. Iritasi pada saraf vagus dan frenikus merupakan penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata juga dapat menjadi pencetus, karena ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan dan tumor di daerah leher juga dapat menstimulasi serabut saraf yang ada di daerah tersebut, yang juga merupakan cabang saraf vagus. Berbagai kelainan diafragma juga bisa mendasari timbulnya cegukan, seperti misalnya hernia hiatus, reflux gastroesofagus, abses subfenikus, serta manipulasi diafragma selama pembedahan. Penyebab lainnya lagi yang juga mungkin adalah penyakit sistim saraf pusat yang mengganggu refleks cegukan, bisa berupa infeksi, tumor maupun kelainan pembuluh darah. Kondisi uremia (meningkatnya kadar ureum dalam darah) yang dialami pasien gagal ginjal juga dapat jadi penyebab. Selain itu faktor psikogenik pun perlu dipertimbangkan.
CARA MENGHENTIKAN CEGUKAN
Banyak cara dilakukan orang untuk berusaha menghilangkan cegukan. Secara teoritis, prinsipnya adalah dengan mengupayakan adanya menginterupsi lengkung refleks cegukan. Berikut ini beberapa cara yang kerap dilakukan :
  • Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya, adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah.Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya…jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya.
  • Tehnik lain meningkatkan kadar karbondioksida adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.
  • Ada pula yang menyarankan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin. Atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.
  • Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.
  • Minum air dalam posisi membungkuk, melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher, tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas, membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 menit serta masih banyak lagi tehnik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.
Bila cegukan tak hilang juga dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) juga obat lain seperti quinidine, amitriptilin dan marijuana. Tentunya penggunaan obat-obatan ini harus dengan petunjuk dokter, sebab obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Bila dengan obat-obatan cegukan tetap bertahan juga, dapat pula dicoba terapi hipnotis dan akupuntur. Lebih jauh lagi…anestesi dengan ventilasi tekanan positif dan pelumpuh otot dilaporkan dapat menghentikan cegukan. Nah, akhirnya sebagai senjata terakhir yang dapat dilakukan, tindakan pembedahan menghancurkan atau memblok nervus frenikus juga telah dilakukan pada beberapa kasus cegukan yang tidak teratasi dengan berbagai cara ini.

Perbedaan Diabetes tipe 1 dan Tipe 2

Perbedaan Antara Diabetes 1 dan Tipe 2

Oleh Adi Sucipto

Masalah mendasar pada penyakit diabetes adalah terdapat pada pankreas dan produksi insulin dalam tubuh.

Insulin adalah hormon kimia yang diberikan dari dalam tubuh yang memungkinkan gula bisa masuk ke dalam sel.

Bila insulin tidak dihasilkan atau diproduksi dalam jumlah yang cukup, hal seperti inilah  dapat terjadi pemicu timbulnya penyakit diabetes. Insulin merupakan komponen kunci dalam menentukan apakah seseorang berpenyakit diabetes atau tidak.

Diabetes tipe 1 (faktor genetika) adalah kondisi yang menjelaskan ketika tubuh tidak menghasilkan insulin sama sekali. Jenis diabetes ini sebagian besar turun temurun dan merupakan bentuk yang paling umum dari penderitaan yang mempengaruhi anak-anak sejak lahir atau berkembang pada usia yang sangat muda.

Sel-sel beta pankreas yang ditemukan adalah tidak pernah terbentuk dengan benar atau hancur, yang menyebabkan organ ini menjadi mati. Bila pankreas tidak berfungsi dengan benar, kasus diabetes akan timbul.

Diabetes tipe 2, disebabkan oleh insulin ditolak masuk ke sel tubuh karena tingginya kadar pigmen, dan faktor kehilangan epitel. Diabetes tipe 2 lebih dari membangun resistensi insulin dalam tubuh. Hal ini menyebabkan pankreas menjadi terlalu banyak bekerja dan akhirnya  lambat laun ia tidak akan bekerja sama sekali.

Sementara diabetes tipe 2 sebagian turun-temurun, tidak seperti tipe 1, kondisi ini juga dibawa oleh orang-orang menjadi gemuk karena pola makan yang buruk dan tanpa latihan fisik. Setiap jenis penyakit ini memiliki efek yang sama yang meliputi kelelahan otot, gemetar, koma, kehilangan anggota tubuh akibat gangren, dan bahkan kematian. Namun, diabetes 1 bukanlah kesalahan pasien, sedangkan 2 diabetes dapat langsung lama berhubungkan dengan kebiasaan gaya hidup seseorang.

Perbedaan utama antara diabetes 1 dan diabetes 2 adalah masa ketika orang mengembangkan penyakit ini. Meskipun orang-orang yang mengembangkan penyakit tersebut pada umur yang lebih muda karena obesitas anak, tipe 1 adalah benar-benar turun temurun dan berkisar kurangnya insulin yang diproduksi. Tipe 2 adalah penyakit yang berbasis di resistensi insulin pada sel-sel tubuh akibat sel-sel lemak berlebih.

Jika Anda menyadari bahwa Anda menunjukkan beberapa-tanda pertama dari diabetes, Anda harus membuat diri Anda ke dokter yang akan diuji. Anda juga harus mengakui bahwa Diabetes bisa diobati dan bahwa pencegahan proaktif dapat menyediakan obat alami untuk diabetes. Klik pada link sebelumnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang pilihan.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.